6 Cara Mengelola Keuangan Dengan Mudah, Simak Langkahnya

Selain itu, saat ini kamu juga bisa memilih cukup banyak pilihan produk investasi. Investasi memiliki beberapa macam mulai dari yang memiliki risiko rendah hingga tinggi. , SURABAYA – Dosen Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Dina Anggraeni Susesti membagikan beberapa suggestions mengatur keuangan pascalebaran. Hal yang tidak kalah pentingnya dalam mengatur keuangan adalah dengan mendidik diri sendiri.

Caranya, miliki tujuan keuangan yang berjangka pendek seperti dana liburan, dana beli dadget, dana shopping dan sebagainya. Tujuan keuangan yang jangkanya pendek seperti ini cukup dicapai dengan menabung secara bulanan dari pos pengeluaran di atas yaitu minimal 10% dari penghasilan. Bila kamu merasa tabungan sudah cukup banyak, coba pertimbangkan untuk memulai investasi.

Penggunaan Talangan Sementara dan Reksadana Pasar Uang yang akan dijualkan secara otomatis sebagai pembayaran atas pembelian instrumen keuangan dan berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan. Dengan cara ini biasanya tim phinemo bisa menyimpan separuh uang makan untuk ditabung kembali. Uang ini bisa digunakan untuk membeli tiket keret, tiket pesawat, atau untuk membeli tiket masuk destinasi wisata. Satu hal yang pasti, sebesar apapun gaji kamu tidak akan pernah cukup jika tidak dikelola dengan baik.

Tips mengatur keuangan

Jika kamu ingin memastikan bahwa semua uang hasil jerih payah tidak lenyap hanya dalam satu malam, kamu harus mengambil langkah untuk melindunginya. Kadang asuransi terlihat membuang-buang uang, tapi ini merupakan tindakan preventif sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Untuk hasil dagang, coba gunakan juga rekening terpisah agar keuntungan bisa diputar lagi menjadi modal. Berdagang sekarang sudah lebih mudah dan bisa dilakukan dengan modal yang minim seperti melalui media sosial yang kamu miliki. Kalau kamu punya keahlian seperti mengajar bahasa asing, mengajar latihan kebugaran atau bahkan menulis, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk menambah penghasilan.

Misalnya, jika masih terdapat pengeluaran yang cukup banyak untuk hal yang tidak terlalu penting, maka di bulan selanjutnya Anda harus memangkas pengeluaran pada hal-hal tersebut. Semakin baik evaluasi Anda, maka akan semakin bijak pula Anda dalam mengatur keuangan. Itulah beberapa cara agar Anda dan pasangan bisa mengelola keuangan dalam keluarga.

Tentunya mau tidak mau Anda harus mulai mempersiapkannya, dengan cara menyisihkan ekstra dari penghasilan atau memindahkan alokasi anggaran yang dinilai tidak perlu untuk mengisi saldo dana darurat. Dalam situasi krisis ini, Anda harus pintar mengatur anggaran keuangan jika tidak ingin kondisi keuangan Anda bermasalah. Kondisi yang penuh serba ketidakpastian ini memaksa kita untuk meninjau kembali alokasi anggaran dengan memangkas anggaran yang tidak perlu. Anda bisa mulai mengatur keuangan dengan meninjau kembali alokasi anggaran, lalu lakukan penyesuaian.

Toples keempat bisa kamu gunakan untuk keperluan jangka panjang, seperti menabung untuk dana pendidikan, dana darurat, liburan ke luar negeri, atau yang lainnya. Usahakan jangan pernah mengambil uang sepeser pun dari toples ini, kecuali untuk salah satu alasan yang udah disebut tadi. Financial freedom adalah sebuah kondisi di mana seseorang nggak perlu kerja keras untuk mendapatkan uang. Bahkan, dengan duduk-duduk atau tidur pun kamu bisa mendapatkan penghasilan.

Maka dari itu, untuk mengatasi ketidakpastian tersebut pastikan untuk memiliki dana darurat dan tabungan yang memiliki likuiditas tinggi. “Tips pertama yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan di masa Ramadan adalah buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan,” kata Lolita dalam diskusi digital, Selasa (13/4). Kartu kredit mungkin memberikan kebebasan finansial ekstra, tetapi jika tidak hati-hati digunakan, Moms akan mendapatkan tagihan kartu kredit yang mungkin tidak dapat dibayar. Lalu, bagaimana cara untuk memiliki kebiasaan keuangan yang tidak mengganggu susunan anggaran keluarga?

Dengan ini, keuangan perusahaan akan tetap terjaga karena pemasukan dan pengeluaran dapat dikontrol dengan baik. Memang terdengar sulit untuk mengatur keuangan rumah tangga agar selalu mencukupi sehingga kebutuhan hidup terjamin. Namun walaupun sulit, bukan berarti hal tersebut menjadi mustahil. Dengan perencanaan keuangan yang tepat, keuangan rumah tangga akan stabil, dan berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan. Penting sekali bagi kamu pemilik usaha untuk memisahkan rekening pribadi dan bisnis. Alasan memisahkan rekening ini agar dana yang masuk dari transaksi usahamu tidak tercampur dengan dana tabungan pribadimu.

Setiap tahap kehidupan seseorang membutuhkan perencanaan keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan finansial. Dengan mencapai tujuan finansial, seseorang bisa meraih kemerdekaan finansial, sejahtera, dan hidup lebih bahagia. Di tengah kondisi sulit seperti ini, jangan lupa agar tetap mengalokasikan dana untuk asuransi. Dengan memiliki asuransi, kamu terhindar dari kejatuhan ekonomi yang lebih berat lagi saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Untuk pilihan asuransi yang tepat, kamu bisa mempertimbangkanasuransi jiwadanasuransi kesehatandariAllianz Indonesia.