Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha, Kemenkop Ukm Beri Bantuan Modal

Jian mengaku dengan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah dan pembelajaran yang sedang ditekuni mengenai manajemen pemasaran dapat mendukungnya dalam mewujudkan cita-citanya. “Cita-cita Jian adalah menciptakan lapangan pekerjaan agar bisa mengurangi angka pengangguran. Di Aceh, untuk memenuhi kebutuhan sapi potong kita masih ambil dari provinsi lain. Jian berharap dan yakin suatu saat Jian bisa memenuhi kebutuhan sapi tersebut” ujar Jian penuh semangat.

Mahasiswa memiliki peranan yang sangat besar bagi masyarakat dan negara. Di zaman perkembangan teknologi informasi saat ini kamu harus menguasai yang namanya teknologi dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis mu. Seperti misalnya kamu bisa melakukan promosi online lewat media sosial atau memanfaatkan e-commerce dan toko on-line.

Mulai dari nama bisnismu, usahakan terdengar bagus dan menyampaikan citra yang diinginkan perusahaan. “Saya suka hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, tetapi di Kedokteran kan sangat sulit untuk mengembangkan minat saya ini,” katanya. Cara lain yang bisa dilakukan, misalnya kamu seorang yang senang melukis. Kamu bisa melukis dan menjadikan hasil karya lukis kamu menjadi usaha kamu yang tentu saja bisa mendulang uang.

Kalau anda berbisnis online, saat anda sedang di kampus, anda bisa manfaatkan jam istirahat kuliah untuk mengecek bisnis online anda. Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi. Penting bagi orang kreatif untuk punya wawasan yang luas dengan mempelajari hal-hal baru di dalam dan di luar bidang yang digeluti.

Jika anda tergolong mahasiswa kreatif dan inovatif, pasti banyak ide atau hal baru yang dapat Anda jadikan peluang usaha. Tidak sedikit usaha baru dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru. Jika berhasil menciptakan sebuah keunikan, segera anda ambil hak paten dan menjualnya. Penemuan baru biasanya sangat berpeluang untuk menembus pasar, apalagi khas, unik, dan dibutuhkan orang banyak.

Persiapan yang dilakukan akan sangat bersentuhan dengan bagaimana sumber daya manusia yang ada ditingkatkan kualitasnya dengan memberikan berbagai keterampilan hidup dan menambah wawasan kewirausahaan. Menjadi seorang wirausahawan yang terdidik dan terlatih dalam menghadapi tantangan serta mampu mencari peluang bisnis yang ada merupakan suatu alternatif yang menguntungkan bagi para mahasiswa untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Sebab, dari hasil mapping menunjukkan angka cukup siginifakn, ternyata anak – anak akan sukses sesuai zamannya. Mereka ada tertarik dunia enterpreneur, meskipun dari begroundnya ilmu kesehatan. Sehingga talenta itu harus kita berikan ikim yang subur, meskipun begroundnya kesehatan. Maka kita datangkan narasumber yang tepat,” ungkap Dr. Sandu, SKM.,Kes.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Jika ini tidak tersedia jangan harap produk akan disukai oleh pelanggan minimal tepat guna dengan kebutuhan mereka. Jika ini dipasarkan dan laku di pasaran, tentu pihak produsen akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sehingga bisa dijadikan modal untuk meningkatkan bisnis termasuk mengembangkan faktor produksi selanjutnya.

“Respon pasar akan produk saya sangat bagus dari awal saya jualan hingga tiga bulan, kemudian saya berhasil menjadi top seller Lazada se-Jawa Timur dalam kategori trend dan lima besar di Indonesia. Saya juga pernah mendapat orderan sebanyak dua belas ribu selama tiga hari di marketplace Lazada. Selain itu, saya juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai high seller kategori trend pada tahun 2018 dengan hadiah kunjungan ke Alibaba China,” ujarnya. Tidak hanya menekuni profesi sebagai Dosen saja, ia juga memiliki bisnis online karena waktu itu, bisnis ini belum terlalu marak dan masih jarang peminatnya.