Hanya Di Polbangtan, Masuk Jadi Mahasiswa, Lulus Jadi Pengusaha

Berkat kemampuan dan keuletannya sendiri, sekarang Chili Pari sudah banyak menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran pun semakin berkembang. Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.

Berbisnis tidak hanya mengandalkan niat dan tekad yang kuat tapi komitmen untuk memulai bisnis itu sendiri. Semangat pantang menyerah dan kerja keras menjadi modal penting seorang pengusaha. Sesuai dengan konsep GKN yang melahirkan entrepreneur pemula, mahasiswa menjadi salah satu sasaran utama dalam menyukseskan program ini. “Melahirkan entrepreneur dibutuhkan sumbangsih dari sejumlah elemen, disini kami mencoba menggandeng perguruan tinggi dengan harapan bisa menumbuhkan keinginan mahasiswa untuk membuka usaha.” tegasnya.

Jangan lupa untuk mengamati, meniru, dan memodifikasi bisnis tersebut agar bisnis yang akan Anda tekuni sedikit berbeda, memiliki ciri khas, dan memiliki nilai lebih dari bisnis yang sudah ada. Ia melanjutkan, bisnis yang sukses itu bukan bisnis tanpa kegagalan karena dari sebuah kegagalan dapat membentuk bisnis yang kuat. Selain itu juga islah menjelaskan di period digital ini kita harus bisa memanfaatkan gadget atau smartphone nya untuk menghasilkan uang dengan hanya “duduk diam dirumah duit datang”, tutur islah.

Mereka gengsi untuk berwirausaha dari kecil, sehingga kebingungan itu menggiringnya keluar keinginan awal yakni menjadi pengusaha. DPRD Kota Yogyakarta mendesak pemerintah pusat untuk segera menambah alokasi vaksin Covid-19 untuk masyarakat di kota itu. Penambahan jatah ini diharapkan terealisasi agar sejalan dengan tingginya antusiasme warga menjalani vaksinasi. Tidak cukup sampai disitu, Ahadiah juga selalu akan memberikan semangat serta berharap bisa membatu teman-temannya supaya bisa memiliki sebuah bisnis atau wirausaha sendiri. “Semoga mahasiswa/i yang mengikuti kelas kewirausahaan ini bisa lebih membantu masyarakat umum terutama dalam hal berwirausaha, jadi ilmunya tidak sia-sia begitu saja,” lanjutnya. Berhubung belum berpengalaman dan belum memiliki sertifikat pemandu wisata, pilihan Anda untuk memulai pekerjaan ini adalah sebagai pemandu paruh waktu.

Generasi muda Indonesia harus menguatkan niat, tekad dan nekad menjadi pengusaha atau boss yang baik dengan dukungan latar belakang berpendidikan tinggi. Sehingga period MEA ini Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan Indonesia dengan kekayaan alam luar biasa dikuasai sendiri oleh masyarakat Indonesia. Penting bagi orang kreatif untuk punya wawasan yang luas dengan mempelajari hal-hal baru di dalam dan di luar bidang yang digeluti. Jelajahi web, majalah, buku, tersesat di kota atau negara asing, pameran dll.

Politisi, aktivis, dan akademisi juga melontarkan pendapat mengenai petisi tersebut, yang dilandaskan pada pernyataan Presiden Jokowi yang tidak sesuai dengan realita di lapangan. Direktorat Jenderal Pajak sangat berharap bahwa generasi muda Indonesia bisa menjadi awal yang baik untuk memulai Generasi Sadar Pajak karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa ini di masa depan. Direktorat Jenderal Slot Game Online Pajak juga meminta dukungan dari berbagai elemen masyarakat dalam mengedukasi para generasi muda bangsa Indonesia. Membentuk aliansi dengan orang-orang yang dapat membantu anda atau anda dapat membantu mereka juga adalah sangatlah penting. Untuk sukses dalam bisnis, Anda perlu memiliki ketrampilan membuat jaringan yang bagus dan selalu waspada terhadap peluang untuk memperluas kontak Anda.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Selain mendirikan sendiri perusahaan setelah lulus kuliah, lulusan kewirausahaan juga memiliki banyak peluang kerja. Dengan kemampuan yang baik di bidang bisnis, manajerial dan keuangan, tentu ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni lulusan ini. “Mulai sekarang harus berpikir jadi entrepreneur, menjadi pengusaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Kapolda Jatim juga menjelaskan, hal ini menjadi penting bagi kita semua, untuk melaksanakan vaksinasi dengan harapan kita bisa menciptakan exhausting immunity dalam penanggulangan covid-19. “Kemarin kita telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di Universitas Negeri Malang, Kemudian beberapa hari yang lalu di Surabaya melaksanakan vaksinasi di SMPN 1, SMPN 6, SMAN 2, SMAN 5, dan Trimurti. Kemudian minggu depan kita akan melakukan hal yang sama di Universitas Merdeka Malang dan Universitas Brawijaya,” paparnya.

Buktinya pun juga sudah banyak orang diluar sana yang sukses di usia muda dan masih menjadi mahasiswa dengan usaha-usahanya. “Lakukan semua pekerjaan dengan senang hati dan bersungguh-sungguh karena usaha tak akan mengkhianati hasil. Selalu ambil kesempatan yang ada dan berusaha mempelajari hal-hal baru. Kalau ingin berhasil meraih sesuatu, harus berani mencoba hal baru dan mengambil resiko serta keluar dari zona nyaman.

“Mudah-mudahan dengan keterbatasan adanya pandemi ini tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda. Saya harap bisa diambil manfaatnya sehingga memiliki kreatifitas untuk menciptakan pasar dan peluang bisnis kedepan,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unas, Dr. Drs. Beberapa contoh kegiatan agribisnis yang dapat dijadikan peluang bisnis antara lain adalah membudidayakan sayuran dan buah buahan natural, tanaman padi, jamur tiram, tanaman obat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mahasiswa juga akan banyak mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana cara membungkus hasil komoditas tersebut dengan baik, cara memasarkan produk dan lain sebagainya. Menjadi pengusaha di bidang agraris ini sangat menguntungkan mengingat Indonesia adalah sebuah negara dengan pertanian yang kaya.